Menyeduh Kopi dengan V 60

// // 7 comments

V 60 alat seduh pour over
V60 adalah methode pour over dimana kopi lebih aromatik, bersih, menonjolkan karakter karakter tertentu yang belum tentu bisa di dapatkan dengan cara penyeduhan lain. Secara umum terdapat dua model pour over dalam drippernya, yaitu model V atau kerucut dan model basket atau flat bottom. Dari kedua model itu kita menggunakan model V. Kelebihannya adalah distribusi suhu air lebih merata dan terpusat ekstrasinya. Itulah mengapa karakter tertentu pada kopi jadi lebih intens.
Model V atau kerucut sebenarnya tidak hanya hario, tapi ada yang lain seperti kono dan tiamo serta grinddripper. Tapi kita lebih memilih Hario V60 lantaran dinding kerucutnya berbentuk sirkular kelok yang sangat mendukung sekali keterpusatan tekanan air lebih merata dan degradasi suhu air lebih serempak.

Apa yang dimaksud pour over ?
Untuk mengetahui pour over, kita bisa mencari titik kesamaan dari berbagai alat penyeduhan yang diklasifikasikan sebagai pour over.
Oleh pencinta kopi atau dunia kopi, secara umum piranti pour over adalah chemex dan gelas penetes lain yang dikeluarkan oleh Melita, Hario, Tiamo, Black and white, dll.

Bagaimana menggunakan teknik Pour Over V-60?
Matt Perger, barista dari St. Ali Melbourne, Australia merupakan peraih juara World Barista Championship 2014 membagi jurus menggunakan alat ini. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyeduh kopi menggunakan alat V 60:


1. Kuantitas kopi dan suhu air
Untuk 12 gram kopi bubuk, diperlukan 200 gram air mendidih dengan suhu 97 derajat celcius. Siapkan stopwatch agar waktu penyeduhan tepat. Dengan peralatan V60 dan metode Pour Over ini total akan mendapatkan 1,40 persen TDS (total dissolve solid) dan 20,8 persen extraction.

2. Tuangkan air pertama
Setelah kopi dimasukkan dalam coffee filter, masukkan 50 gram air panas untuk blooming. Dengan sendok kecil aduk dasar kopi beberapa kali. Lalu diamkan.



3. Putar spiral ke bagian luar
Setelah 30 detik, tuangkan air dengan pola spriral memutar ke sisi luar kopi. Tuangkan air hingga pinggiran ampas kopi ikut larut dan bersih. Pada tahap ini tidak ada bubuk kopi kering yang muncul di permukaan.

4. Kembali tuangkan air
Satu menit kemudian kembali tuangkan air 100 gram air panas dengan arah memutar spiral ke bagian luar hingga mencapai jejak kopi di pinggiran terendam air. Akan terlihat 'Rao Spin' atau putaran kopi yang terlihat dengan metode pour.

5. ketuk filter perlahan ke V 60
Agar kopi turun, ampas kopi lebih rata angkat sedikit paper filter lalu ketuk perlahan ke V 60. Tunggu hingga semua air hilang dari paper. Kopi siap disajikan.


7 komentar: Leave Your Comments

  1. akan lebih bagus lagi disajikan bersamaan dengan foto ataupun vidoe :)

    BalasHapus
  2. akan lebih bagus lagi disajikan bersamaan dengan foto ataupun vidoe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat setuju sekali dengan pendapat sampean mas.. Salam pecinta kopi kopi hijau

      Hapus
  3. akan lebih bagus lagi jika sumber artikel ditautkan ditulisannya agar pembaca tidak terkecoh & menghargai hasil karya orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://food.detik.com/read/2014/09/18/181937/2694593/297/6/ini-trik-matt-perger-barista-internasional-menyeduh-kopi-enak-dengan-v60#bigpic

      Hapus
  4. main ke BELWISH di bandung jl RE martadinata no 189a :)atau engga add ig : beliwsh_ind
    :)

    BalasHapus