Nyruput Lan Ngelmu: DKJ & IBC

// // Leave a Comment

Profil Dongeng Kopi & Indie Book Corner
sibuklah membaca dan banyaklah mengopi

Sibuk Baca, Banyak Ngopi...
Dongeng Kopi Jogja, disingkat DKJ semula hanyalah akun twitter bernama @dongengkopi. Sejak Oktober 2012 @dongengkopi menyajikan cerita tentang kopi dan kejadian yang menyertainya. Setiap cerita yang menguap bersama secangkir kopi yang terhidang dikicaukan melalui akun ini. Sejak pancingan pertama, banyak orang mencuitkan kegiatan dan pengalaman ngopi mereka, termasuk puisi dan beberapa foto aktivitas ngopi. Interaksi yang mendalam muncul dari banyak orang di seluruh Indonesia. Selain berbalas cuit, mereka juga membagi referensi tentang kopi, mulai dari tautan blog, tempat ngopi yang asik, foto lokasi ngopi, hingga kegitan membuat kopi itu sendiri. Interaksi ini dengan sendirinya membentuk komunitas kopi di dunia maya.
Seiring bergulirnya waktu, beberapa netizen mengusulkan untuk membuat wadah kopi darat. Sehingga perjalanan @dongengkopi menjelma dari kopi maya ke kopi darat.  Butuh waktu dua tahun untuk usulan tersebut terealisasi. Tahun 2014, pada bulan Agustus Dongeng Kopi Jogja resmi berdiri, sebuah warung kopi komunitas yang menghimpun banyak orang, bukan hanya fokus pada aktivitas kopi, tapi juga diniatkan sebagai ruang edukasi dan interaksi komunitas di Jogja dan Indonesia.
Indie Book Corner disingkat IBC, adalah sebuah penerbit alternatif yang menerbitkan buku-buku para penulis muda Indonesia. Berdiri pada tahun 2009 dan aktif menerbitkan buku para blogger dan penulis online. IBC menjadi wadah bagi para penulis untuk menerbitkan karyanya tanpa melulu harus tergantung pada pasar buku secara umum. Para penulis berkolaburasi dengan Editor, Desainer, Layouter dan para penggiat perbukuan untuk menerbitkan buku secara mandiri. Selain dengan tema terbitan yang berbeda, mereka menerbitkan buku dalam jumlah terbatas, beredar di dunia maya, di social media dan jejaring komunitas buku di seluruh Indonesia.


Pada Desember 2014, Dongeng Kopi Jogja dan Indie Book Corner bergabung menjadi Dongengkopi & Indiebook. Menyatukan gagasan edukasi di dunia perbukuan, kopi, komunitas dan ilmu pengetahuan lainnya, dua unit komunitas dan bisnis ini diniatkan menjadi pusat konsentrasi komunitas di Jogja. Dengan menggandeng seniman-seniman street art, tembok bangunan dijadikan alat kampanye kegiatan ngopi dan baca buku.
Dongengkopi & Indiebook beralamatkan di Jl. Wahid Hasyim No. 3, Depok, Condongcatur, Sleman.

0 komentar:

Posting Komentar