Tingkat Ukuran Gilingan Kopi untuk Minuman Kopi yang Sempurna

// // 3 comments

Ground Coffee atau yang lebih familiar dengan nama Kopi Bubuk memiliki banyak ragam bila di klasifikasikan berdasarkan ukurannya. Perbedaan pada ukuran bubuk kopi umumnya disebabkan oleh kebutuhan ukuran bubuk kopi pada metode penyeduhan atau alat seduh yang saling berbeda satu sama lainnya. Dibawah ini saya menuliskan Tingkatan Ukuran Pada Bubuk Kopi yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda untuk menghasilkan minuman kopi yang sempurna. Berikut, daftar tingkatan ukuran pada kopi bubuk.


1. Extra Coarse






Ini adalah ukuran bubuk kopi yang berada di tingkatan paling atas. Ukuran bubuk kopi ini digunakan untuk metode Cold Brewing.

2. Coarse


 
Ukuran bubuk kopi yang satu ini paling sering digunakan pada French Press dan Vietnam Drip. Ukurannya serupa dengan ukuran garam dapur kasar.









3. Medium Coarse

Ukuran bubuk kopi ini umumnya digunakan pada alat seduh Chemex. Namun juga kerap digunakan pada Cafe Solo Brewer.


4. Medium



Untuk ukuran medium, biasa digunakan pada metode kopi tetes atau Drip Methode, kecuali Vietnam Drip.

5. Medium Fine




Ukuran ini banyak digunakan dalam beberapa metode dan alat seduh. Pada ukuran ini, bubuk kopi dapat digunakan pada Pour Over, Vacuum, Moka Pot dan Siphon.

6. Fine




Tingkatan ukuran ini digunakan pada Mesin Espresso. Ukuran bubuk kopi ini juga ideal untuk jenis penyajian kopi tubruk.

7. Extra Fine




Ini adalah ukuran bubuk kopi yang paling halus. Kopi ini hanya digunakan pada tekhnik penyeduhan menggunakan Ibrid atau yang lebih dikenal dengan nama Turk Method

Nah itulah tingkatan ukuran pada bubuk kopi. Untuk mendapatkan semua ukuran bubuk kopi diatas, sejatinya anda harus menggiling menggunakan Grinder dengan fitur Flat Burr. Baca artikel Jenis-Jenis Grinder Kopi untuk memahami lebih jauh tentang grinder.



3 komentar: Leave Your Comments